Selasa, 23 Agustus 2016

[NIT’s] Review Belanja Online dari Luar Negeri

Buat yang mau belanja online dari luar negeri, tapi masih ragu-ragu, nih saya mau bagi-bagi pengalaman saya belanja online dari luar negeri.




Berapa kali ya saya udah belanja dari luar negeri??
Lupa, udah banyak pokoknya….

Belanja dari negara mana aja?
Korea, Jepang, China

Kayakmana cara belanjanya?
Online dari marketplace

Dikirimnya ke rumah pake apa? kayakmana?
Saya selalu memilih jasa pengiriman EMS.
EMS adalah Layanan pengiriman barang dari/ke luar yang negeri bekerja sama POS Indonesia.
Jadi, nanti paket kirimannya yang ngirim Pak POS ke rumah.

Beli apa aja?
Kosmetik (make up dan skin care) dan obat-obat/vitamin/suplemen

Cara bayarnya gimana?
Ditransfer dung...   -_- hmmmmm

Pernah ketipu gak?
Alhamdulillah, belum pernah

Kok berani beli online? dari luar negeri lagi?
N E K A T



Walaupun udah beberapa kali bela-beli online dari luar negeri, sebenarnya saya cuma make dua marketplace aja.
1. Qoo10.co.id
2. Lupa nama websitenya (dan disini, ditempat yang lupa ini cuma pernah 1 kali belanja aja, dari China, dan itu nyampenya lamaaaaaaaaaa sekali. Sebulan lebih. Padahal pake EMS POS juga)

Kenapa cuma make marketplace qoo10 untuk belanja?
Saat ini masih males mau nyoba-nyoba website yang lain.
Udah nyaman sama qoo10 karena bisa dibayar pake rupiah, dan bisa belanja sampe ke luar negeri dan bayarnya tetap pake rupiah.
Mungkin sih marketplace yang lain bisa juga bayar paket rupiah, tapi ya itu tadi, balik lagi ke alasan pertama, masih males mau nyoba-nyoba.


Yang pertama kali saya beli Kosmetik dari Korea.

Seperti yang saya tulis diatas, Saya selalu memilih jasa pengiriman EMS.
EMS adalah Layanan pengiriman barang dari/ke luar yang negeri bekerja sama POS Indonesia.

Kenapa harus EMS?
Karena dia bekerja sama dengan POS Indonesia, jadi kalau ada apa-apa sama paketnya, tau kemana mau ngelapor.
Terus baca-baca review, kalau jasa pengiriman yang lain katanya biaya pajaknya besar, bisa lebih besar biaya pajak daripada barang yang beli.
Jadi cari aman, ya pakai POS aja.
Eits.... POS ini juga kena biaya pajak loh...
Tahun 2013 biaya pajak yang Bapak saya bayar waktu nerima paket ini 7000an, dengan nilai belanja Rp. 350ribuan.
Iya... Bapak saya yang bayar, soalnya Bapak yang nerima paketnya, saya-nya lagi kerja.
Dan tahun 2016 pajaknya naik, kata Bapak (lagi-lagi Bapak yang nerima paket jadi Bapak yang bayar) belasan ribuan gak sampe 20ribu, dengan nilai belanja Rp. 700ribuan.


Berapa lama barang sampe ke rumah?
Dari keseluruhan yang pake EMS rata-rata 3 mingguan.
Kamu bisa lihat list tracking terkahir kali saya belanja
Gak semua Tracking saya inget screenshoot-nya.


Sebenarnya KECEWA BERAT SIH SAMA EMS, Kenapa coba??
Lihat deh gambar,
* Paket saya itu dikirim dari Jepang 28 April 2016 Pukul 18:10 waktu Jepang.
Sampai di Jakarta - Indonesia 2 Mei 2016 Pukul 22:02 waktu Indonesia.
Jadi dari Jepang ke Indonesia itu cuma memakan waktu +/- 5 hari.

* Tanggal 2 Mei 2016 paket ada di Jakarta (mungkin udah diproses sama kantor POS Indonesia)
Sampai ke Medan 9 Mei 2016
Jadi dari Jakarta ke Medan itu memakan waktu +/- 8 hari.
LEBIH LAMA

* Tanggal 9 Mei 2016 paket ada di Medan (kantor POS pastinya)
Sampai ke Tembung Kab. Deli Serdang (Rumah) 12 Mei 2016
Jadi dari Medan ke Rumah itu memakan waktu +/- 4 hari
LEBIH LAMA DARI PENGIRIMAN POS NORMAL MEDAN KE RUMAH


LUAR BIASA BUKAN SISTEM DI INDONESIA



Saya juga pernah pesan obat dari Jepang kirim ke Kab. Langkat Sumatera Utara, yaahh... lama kira-kira sama aja seperti ke rumah saya.
Ini trackingnya, dan silahkan simpulkan sendiri.


Paket kiriman saya dikirim dari Jepang tanggal 20 Januari 2016, dan tiba di Jakarta Indonesia tanggal 22 Januari 2016 (cuma 2 hari aja pengiriman internasional dari Jepang ke Indonesia)
Dari Jakarta ke Medan POS Pusat tiba tanggal 25 Januari 2016 (lah...malah hari 3 hari pengiriman antar provinsi)
Dari Medan POS Pusat menuju POS Kota Binjai tiba tanggal 3 Februari 2016 (semakin lama ya kan...antar kotamadya butuh waktu 9 hari)
Dari POS Kota Binjai ke POS Kecamatan dikirim hari itu juga tanggal 3 Februari 2016.
Di POS Kecamatan paket kiriman ini nginep seminggu dikirim ke tangan empunya tanggal 9 Februari 2016. Alasannya nunggu banyak biar sekalian kirim. Hufffff..... Tukang POS macam apa itu...


Oh, iya....
Pernah sih 1 kali saya order dari Korea, tanggal 27 Maret 2016.
Beli suplemen.
Nah... ini kebiasaan plus kekurangan saya,
kali ini order gak perhatiin pengirimannya pake apa, soalnya dapet GRATIS ONGKIR
Jadi, saya sangka pake EMS juga lah dikirim paketnya, expetasi udah yakin banget 3 minggu lagi barangnya baru sampe.
Eh.... 3 hari kemudian saya di telpon, dari Jasa pengiriman Wahana.
Wahana ini jasa pengiriman swasta, kamu bisa googling apa itu Wahana.
Jadi di telpon, abang kurirnya ngasi tau paketnya udah sampe dan nanya alamat jelas rumahku lewatnya dekat mana, supaya dia gak bingung nyarinya.
Karena pas si abang kurir nelpon juga udah sorean, dan ntah apa masalahnya sama si abang kurir, dari hari dia nelpon itu 2 hari kemudian baru paketnya sampe. Total cuma 5 hari.
Pake Wahana.
Swasta.
Coba pake EMS POS.
Negeri.
Luaaaammmmmaaaaaaaaaaa.............


Yah...intinya...
Saya NGENES sama Negara Sendiri.

Tapi gak kapok sih belanja online dari luar negeri


Ini lah dia belanjaan saya.....
Sebenarnya semuanya dipotoin, tapi memory card keburu rusak, poto-poto pada hilang.
Jadi ini poto seadanya yang dapet aja....







Tips dari saya kalau mau belanja online dari luar negeri :
1. Pastikan websitenya atau penjualnya terpercaya
2. Cari review lebih tentang pengiriman barang dengan jasa pengiriman yang ingin kamu gunakan.
3. Sabar.... yah namanya luar negeri itu jauh ya kan.... paket saya aja karena dari luar negeri keseluruhan pengirimannya jadi ikutan lama padahal udah di Indonesia T_T



Sekian....
Semoga bermanfaat....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar